Sony Vegas : Kualitas DVD Terbaik, Convert Menggunakan Pro Coder

Kenapa harus menggunakan ProCoder? Kok nggak langsung render di Sony Vegas saja?

Karena untuk format MPEG2/ DVD kualiatas gambar yang dihasilkan Pro Coder lebih baik daripada kualitas render di Sony Vegas.

Sebelum kita lanjutkan bahasan ini, sebaiknya anda baca dahulu artikel sebelumnya, karena sangat berkaitan dengan bahasan di artikel ini.


Oke kita lanjutkan, kami asumsikan anda sudah merender Project anda ke format video AVI. Langkah selanjutnya buka software ProCoder. Dalam contoh di sini kita menggunakan ProCoder versi 3.0. Silahkan gunakan ProCoder versi berapa saja, karena kurang lebih sama fungsi dan pengaturannya.

Setelah Procoder terbuka klik tombol "Add" yang ada di tab "Source" untuk menambah file yang akan diconvert.

Kemudian pilih file yang akan diconvert pada open dialog.


Pada source parameter biarkan seting apa adanya, hanya ada beberapa setting yang harus diubah. Pertama pastikan kolom Interlacing gantilah menjadi Non-Interlaced, dan pada kolom Aspect ratio sesuaikan dengan media properties file AVI yang akan di-convert.


Berikutnya pilih TAB "Target" (1). Klik tombol Add untuk memilih format tujuan (2). Cari format DVD-(VOB) pada dialog (3), sesuaikan frame rate PAL atau NTSC, sesuaikan juga aspect ratio 19:6 widescreen atau 4:3 standard. Setelah seselai klik pada tombol Ok (4).


Selain DVD-VOB anda juga bisa memilih target/ format lain sesuai kebutuhan.

Pada target parameters aturlah lokasi yang anda inginkan untuk penyimpanan file target (DVD-VOB) (1). 

Atur Aspect ratio sesuai dengan file AVI pada source (2).

Video bitrate default adalah 6000 sudah cukup baik kualitasnya (3). Namun jika anda ingin menambahkan menjadi 8000 kualitas DVD akan lebih baik tetapi durasi maksimal akan semakin berkurang menjadi maksimal 60 menit.

Memang semakin tinggi bitrate akan semakin baik kualitasnya, namun file yang dihasilkan akan semakin besar. Dan ukuran file yang melebihi volume DVD tidak akan muat untuk di-burning. Jadi sesuaikan saja durasi video dan bitrate supaya dapat di-burning.

Untuk menghitung bitrate yang tepat bisa kita gunakan bitrate calculator online seperti pada dvd-hq.info (karena pada ProCoder tidak terdapat fasilitas penghitung bitrate).


Tahap terakhir bukalah TAB "Convert" (1) lalu klik pada tombol convert (2).


Tunggulah sampai poses selesai.
Untuk performa komputer lebih kencang jangan centang opsi "Preview" di bawah tombol Stop.

Sekian dulu tulisan dari kami, terima kasih telah membaca dan semoga bermanfaat.....!!!


Perhatian :
Kini "tukangsutingkampung.blogspot.com" bisa diakses dengan domain baru "matsuting.com".....
Semoga anda makin nyaman membaca.


0 Komentar untuk "Sony Vegas : Kualitas DVD Terbaik, Convert Menggunakan Pro Coder"

Back To Top