Sony Vegas : Bikin Teks/ Logo Profesional Dalam Satu Track Layer


Di antara banyaknya kelebihan Sony Vegas Pro dalam bidang video editing, ternyata masih terdapat kekurangan yang menurut matsuting.com sangat mengganggu yaitu keterbatasan Sony Vegas Pro dalam pengolahan teks.

Sony Vegas Pro masih belum mampu mewarnai teks menggunakan lebih dari satu warna dalam satu track layer. Yang mana pada jaman yang serba warna-warni ini dibutuhkan lebih dari sekedar satu warna untuk teks yang terlihat profesional.

Untuk mengatasi hal ini para pengguna Sony Vegas Pro biasanya harus menambahkan beberapa layer hanya untuk pengolahan teks saja, belum lagi jika diharuskan menampilkan logo atau gambar. RIBET! :D

Pengguna harus membuat 3 layer untuk menggunakan 3 warna pada teks.

Apalagi jika diharuskan membuat teks dan logo yang bergerak. Pengguna Sony Vegas Pro harus mengatur pergerakan gambar (event pan/crop)  di beberapa layer yang berkaitan. Super sekali ribetnya. Dan tentunya dengan penggunaan layer yang banyak akan menguras kinerja komputer yang kita gunakan.

Dalam artikel ini matsuting.com membahas bagaimana membuat teks warna-warni beserta logo atau image dengan bantuan software Adobe Photoshop.

Sebenarnya kita bisa menggunakan software pengolah gambar lainnya, namun menurut matsuting.com Adobe Photoshop adalah software yang paling umum digunakan.

Dengan Adobe Photoshop kita bisa leluasa mengolah teks warna-warni maupun menambahkan image untuk mempercantik video yang kita kerjakan. Dan kelebihannya Sony Vegas Pro mampu mengimpor file PSD - Adobe Photoshop secara langsung tanpa mengkonversinya ke format lain.

Mantabnya lagi Sony Vegas Pro dapat membaca file PSD dengan background tansparan layaknya file PNG. Jadi kita tidak perlu lagi menggunakan efek Chroma Keyer/ Blue Screen untuk menampilkan teks/ logo dengan background video.

Berikut matsuting.com paparkan langkah-langkahnya :
  1. Buka Adobe Photoshop. Buat new project dengan resolusi yang sama persis dengan resolusi project Sony Vegas Pro yang sedang anda kerjakan.Kemudian ubah Background Contents menjadi "Transparent". Penggunaan background transparan hanya jika anda ingin menampilkan teks atau logo anda dengan background video.
    Resolusi di Adobe Photoshop harus sama dengan Resolusi di Sony Vegas Pro.
  2. Silahkan desain teks dan logo sesuai selera anda. Ketika anda mendesain teks atau logo dengan backgroud transparan, anda akan memerlukan alat bantu sebuah background berwarna netral atau bisa anda gunakan screenshot video yang akan anda jadikan background yang kemudian akan kita hidden sebelum kita menyimpan file PSD tersebut. Hal ini kita butuhkan untuk menjaga kontras warna teks dengan background supaya teks bisa terbaca dengan baik.
    Layer yang ditandai warna merah adalah layer yang nantinya di-hidden.
  3. Setelah selesai silahkan simpan dengan format PSD. Dan anda sudah bisa mengimpornya ke Sony Vegas Pro dengan cara drag and drop ke dalam timeline project Sony Vegas Pro.
Sebenarnya cara di atas juga bisa diaplikasikan ketika kita membuat lowerthird, running text, dan image lainnya. Untuk running-text diperlukan modifikasi pada event pan/crop, khusus untuk ini akan matsuting jelaskan di artikel lain. :D

Dengan begitu anda bisa leluasa mengeksplorasi kreatifitas anda untuk hasil yang terbaik dengan menghemat track layer. Karena penggunaan track layer yang banyak akan mempersulit project anda ketika proses pengerjaan maupun proses revisi. Belum lagi jika anda mengerjakan sebuah project video dengan beberapa editor video penghematan track layer bisa mempermudah koordinasi antar anggota tim.

Cara di atas bisa di-aplikasikan pada semua versi Sony Vegas Pro, setahu matsuting.com Sony Vegas Pro 7, sampai Sony Vegas Pro 13. Karena saat artikel ini ditulis Sony Vegas Pro 14 belum dirilis.

Demikian artikel ini matsuting.com tulis, silahkan tinggalkan komentar, kritik dan saran di kolom komentar yang sudah kami sediakan. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

0 Komentar untuk "Sony Vegas : Bikin Teks/ Logo Profesional Dalam Satu Track Layer"

Back To Top