Membuat Animasi Teks Seperti Tersorot Lampu (Spotlight) Dengan Sony Vegas




Dalam kesempatan ini matsuting.com berbagi tutorial sederhana untuk membuat animasi teks yang menarik dengan sony vegas pro. Karena dalam dunia video editing, teks yang menarik akan lebih mempercantik video yang sedang kita kerjakan.

Di bagian akhir tutorial ini kami lampirkan file project yang nantinya dapat kita jadikan template. Namun jika hanya mengandalkan template kita tidak akan pernah dapat mandiri untuk membuat karya video yang orisinil dan mahal.

Pada tutorial ini kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat animasi teks seperti pada video di atas, teks seakan-akan tersorot lampu. 

Untuk hasil yang maksimal usahakan menggunakan latar warna gelap dan teks berwarna terang supaya kontras dan mudah dilihat. Begitu juga sebaliknya, jika latar berwarna terang, gunakan teks berwarna gelap.

1. Silahkan buka sony vegas pro, bagi yang belum tahu bagaimana cara membuka programnya silahkan cari di http://google.com. Haha!

2. Buatlah teks dengan ukuran yang sesuai keinginan hati kita. Drag and drop pilihan text yang ada di media generator. Jangan lupa beri warna yang cerah karena latarnya berwarna gelap.

Sebagai contoh kita bikin "matsuting.com". (Lihat gambar di bawah ini)


3. Tambahkan video track / layer baru pada timeline. Caranya klik menu "insert->video track".

4. Kemudian buka media generator, pilih solid color pada list menu dan ambil warna putih, drag and drop ke arah video track yang baru ditambahkan (selanjutnya kita sebut "Masking Track")

Jika tidak salah langkah maka video preview akan menjadi putih total, karena track pertama (selanjutnya kita sebut "Text Track") tertutup oleh masking track yang terisi solid color putih. (Lihat gambar di bawah ini)


5. Buka event pan/ crop dari solid color yang ada di masking track. Tombol evect pan/ crop berada di ujung belakang sebuah clip/ video event, dalam hal ini solid color berwarna putih. Di sini solid color putih akan kita gunakan sebagai masking daripada teks supaya hanya terlihat sebagian saja. (Lihat gambar di bawah ini)


6. Pada jendela event pan/ crop beri tanda centang pada mask row pada keyframe controller di bagian bawah jendela event pan/ crop.

7. Lalu pilih anchor creation tool di sebelah kiri jendela.

8. Buatlah 4 point/ titik sampai semuanya terhubung seperti pada gambar di bawah ini.



9. Klik pada position row tepat di atas mask row untuk menggerakkan frame ke arah kiri.

10. Selanjutnya tambahkan keyframe di akhir timeline event pan/ crop. (Keyframe adalah sebuah poin atau titik untuk menandai setiap gerakan animasi. Gerakan dalam animasi ditentukan oleh nilai dari setiap keyframe, mungkin begitulah penjelasan singkatnya)

11. Selanjutnya pastikan keyframe terakhir dalam keadaan terpilih, dan klik pada frame (gambar huruf "F" semu) di layar event pan/ crop. 

Karena posisi mask (solid color warna putih) berada di sebelah kiri, untuk menggerakkan masking ke arah kanan kita harus menggerakkan framenya ke arah kiri. 

12. Kemudian geserlah frame ke arah kiri menggunakan tombol arah kiri di keyboard. Sampai terlihat seperti pada gambar di bawah.


13. Pada masking layer gantilah compositing mode yang awalnya Source alpha menjadi Multiply (Mask). Dan jika tahap-tahapnya benar maka animasi teks sudah bisa disajikan. Emangnya mie instan. Hahaha!


Sebagai penutup matsuting.com berharap teman-teman pembaca sekalian tidak serta-merta hanya berpatok pada tutorial dalam artikel ini. Maksudnya silahkan berimprovisasi sesuai kreatifitas masing-masing.

Misal merubah ukuran masking lebih lebar, atau mungkin menambah arah gerakan masking ke arah semula seakan-akan lampu sorot bergerak bolak-balik menyinari teks.

Berikut matsuting.com lampirkan file projectnya :


File kedua di bawah ini matsuting.com modifikasi dengan menambahkan keyframe pada masking layer supaya mask bergerak bolak-balik. Dan pada teks matsuting.com tambahkan gerakan zoom-in.


Jika sudah selesai, simpan project animasi teks ini ke dalam file tersendiri, terpisah dari project video yang kita kerjakan. 

Untuk menambahkan animasi di atas ke dalam sebuah project vegas, kita tinggal drag and drop file sony vegas (*.veg) nya ke dalam timeline project video yang sedang kita kerjakan. Cara ini akan menghemat penggunaan track pada project sony vegas pro tanpa merendernya terlebih dahulu.

Sekian dulu tutorial sederhana ini matsuting.com selesaikan dengan amat tergesa-gesa dan mohon maklum jika terdapat kata-kata yang rada mbulet.

Dan apabila terdapat uneg-uneg dan saran silahkan tinggalkan di kolom komentar. Terima kasih dan semoga bermanfaat.


1 Komentar untuk "Membuat Animasi Teks Seperti Tersorot Lampu (Spotlight) Dengan Sony Vegas"

ternyata bagus juga diterapkan, semula tidak sesuai contoh, tapi setelah mencermati langkahnya dengan detail berhasil juga, terimakasih sudah share, sangat bermanfaat sekali bagi pemula..

Back To Top