Teknik Cepat Mengolah Tone Vintage Di Sony Vegas Pro

Tone warna dalam sebuah video sangat membantu untuk memperkuat kesan atau mood video itu sendiri. Dengan mood yang baik akan memperkuat emosi dalam cerita video yang sedang kita kerjakan.

Dalam artikel ini kami akan berbagi tutorial mengolah tone warna menjadi vintage yang sering dipakai pada film-film layar lebar dengan sony vegas pro. Tentunya dengan langkah-langkah yang sederhana dan cepat.

Proses mengolah tone biasanya dilakukan setelah selesai mengedit semua bagian dari project video. Berikut langkah-langkahnya :

  1. Tambahkan satu buah Video Track di atas Video Track yang sudah ada. Klik menu "Insert>Video Track" atau gunakan shortcut "Ctrl+Shift+Q".
  2. Beri nama track tersebut dengan "Orange" supaya mudah diingat.
  3. Buka tab Media Generator (Secara default berada bersama tab Video FX, Transitions, dan Explorer. Kalau tidak ada, cari dan aktifkan di menu View atau dengan menekan shortcut Alt+9).
  4. Pada panel kiri (left panel) Media Generator klik Solid Color dan pilih warna orange.
  5. Masukkan Solid Color warna orange ke Timeline Project dengan cara drag and drop.

  6. Sesuaikan durasi atau panjang Solid Color orange sama dengan durasi project, dengan cara menarik (drag) ending point dari event Solid Color orange sampai ke batas akhir/ ending point project.
  7. Ganti Compositing Mode dari Source Alpha ke Overlay (Compositing Mode berada di dalam Video Track Control atau tepatnya berada di sebelah kanan Timeline setiap Track).
  8. Perhatikan perubahan warna pada Video Preview. Jika langkah-langkah kita benar maka warna video akan berubah menjadi kuning.
  9. Kurangi kepekatan warna orange dengan menggeser Level Slider ke angka 20% - 30%. Warna kuning akan terlihat lebih lembut.
  10. Selanjutnya tambahkan lagi sebuah Video Track di atasnya, namun kali ini masukkan event Solid Color warna putih.
  11. Beri nama track tersebut dengan "Putih".
  12. Sama seperti Video Track "Orange", dengan Compositing Mode = Overlay dan Level 20% - 30%.
  13. Penambahan Video Track warna Putih seperti ini juga berfungsi untuk mengeliminasi shadow dan membuat gambar video kita lebih terang.
  14. Berikutnya tambahkan sekali lagi sebuah Video Track di posisi paling atas. Masukkan Solid Color warna Biru.
  15. Beri nama track terakhir dengan "Biru" supaya mudah diingat.
  16. Ubah Compositing Mode track Biru menjadi "Difference" atau "Difference Squared". (Perbedaannya adalah Composing Mode = Difference lebih terang dan Difference Squared lebih gelap).
  17. Ubah kepekatan/ Level menjadi 5% - 20% dan perhatikan perubahannya.
    Hasil akhir blending 3 warna.

  18. Silahkan sesuaikan kepekatan/ Level pada ketiga Track di atas sesuai selera. Karena ukuran kepekatan yang kami berikan di atas bukanlah patokan yang baku (boleh saja kita gunakan angka (%) lebih besar atau lebih kecil dari angka yang kami sebut di atas).
  19. Untuk menyempurnakan detil dan keseimbangan exposure gunakan Video FX yang mengatur terang gelap seperti Levels, Color Curve, atau Brightness and Contrast.
  20. Untuk menyempurnakan warna gunakan Video FX seperti Color Corrector atau Color Balance. Biasanya langkah ini kami gunakan untuk menyesuaikan warna kulit/ skin tone.

Ber-EKSPERIMEN-lah

Penggunaan warna-warna seperti yang kami gunakan di atas bukanlah patokan yang baku, kita boleh saja bereksperimen dengan warna lain untuk memperoleh tone warna yang orisinil, misal coklat, kuning, hijau, dan lain sebagainya.

Untuk kepekatan kami sarankan gunakan nilai kecil yakni di bawah 30% saja, agar warna yang dihasilkan terkesan lembut dan tidak norak. Kecuali jika kita memiliki konsep lain pada video kita.

Sebenarnya bisa saja kita gunakan beberapa warna dalam sebuah project, dengan konsekuensi diperlukan waktu lebih untuk mengerjakannya.

Untuk Track Putih, kami sarankan hanya gunakan warna putih atau setidaknya warna terang yang mendekati putih. Karena Track Putih di sini berfungsi mengurangi atau mengeliminasi sebagian unsur gelap/ shadow dari gambar video.

Dengan adanya Track Putih kadang kala tidak diperlukan lagi penggunaan effect pengatur terang gelap seperti Level, Brightness and Contrast, atau Color Curve, hal ini sangat cocok untuk teman-teman yang lagi malas dengan Level dan Color Curve. Hahaha!

Khusus untuk untuk Track Biru kami sarankan hanya menggunakan warna biru atau merah saja. Karena dari pengelaman kami belum dapat menyesuaikan warna lain, kecuali jika teman-teman pembaca menemukan teknik baru, boleh di-share di kolom komentar... :D

Namun berhati-hatilah ketika bermain warna, pengaturan yang salah atau berlebih dapat memperburuk kualitas video yang kita kerjakan. Untuk lebih  aman sebaiknya kita gunakan monitor yang telah terkalibrasi supaya warna yang ditampilkan tidak melenceng dari warna sebenarnya.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan terima kasih telah membaca!
3 Komentar untuk "Teknik Cepat Mengolah Tone Vintage Di Sony Vegas Pro"

Wah... Ko saya coba malah jadi gelap gan. Video nya ketutup warna biru di kurangin warna biru nya malah gelap .videonya ga ada

sebelum diblend biru diterangin dulu bosku....

Back To Top