Efek Stabilizer di Sony Vegas ! (Untuk Mengatasi Video Goyang / Shake)

Sony Vegas Pro memiliki efek-efek yang akan sangat berguna untuk mempercantik video yang sedang kita kerjakan. Salah satunya adalah efek Sony Stabilize. Fungsinya adalah meminimalkan (atau bahkan menghilangkan) goncangan (shake) pada sebuah video.

Lebih jelasnya, Sony Stabilize dapat memperhalus video ketika kita menggunakan teknik-teknik pergerakan kamera (moving camera) dengan handheld (memegang kamera dengan tangan kosong, tanpa alat bantu seperti tripod, stabilizer, glider, slider, dll).

Efek Sony Stabilize akan sangat membantu ketika kita dihadapkan pada situasi dimana penggunaan tripod, stabilizer, glider, slider, dll tidak memungkinkan pada saat syuting, seperti lokasi yang sempit, peralatan tertinggal di studio, atau memang kita belum memilikinya. Haha!

Ok! Daripada ngomong kesana kesini, kita langsung saja ke praktek!
Perlu diketahui sebelumnya efek Sony Stabilize tidak bisa diterapkan (dipasang) pada sebuah video dengan cara drag and drop seperti pada video efek pada umumnya.
 Berikut cara menerapkan efek ini pada sebuah video file :

1. Masukkan video ke dalam timeline. Klik kanan pada video file yang ingin kita beri efek Stabilize.

2. Kemudian pilih Media FX hingga muncul Plug-in Chooser - Media FX (dialog pillihan efek).

3. Dalam pilihan Media FX, cari dan klik Sony Stabilize kemudian klik tombol Add. Jika langkah-langkahnya benar, di sudut kiri atas dialog akan muncul pilihan efek yaitu Stabilize.

4. Selanjutnya klik tombol Ok di sudut kanan atas untuk menutup dialog Plug-in Chooser, selanjutnya akan muncul Media FX dialog.



5. Pada sebagian besar kasus, pengaturan dibiarkan apa adanya (default = Medium Stabilization) atau bisa juga menggunakan preset yang sudah tersedia (Light, Medium, dan Heavy Stabilization). Namun lebih baiknya kita bahas  saja pengaturannya.

Pengaturan efek Sony Stabilize
Pan smooting : Sesuaikan dengan tingkat goncangan yang terdeteksi (kiri-kanan atau atas-bawah). 
Stabilization amount  : Sesuaikan dengan tingkat tilting dan zoom yang terdeteksi. 
Pada pengaturan default akan menghasilkan keseimbangan yang baik antara akurasi dan kekuatan pemrosesan. Jika diperlukan tingkatkan nilai kedua pengaturan di atas supaya menghasilkan stabilisasi yang lebih akurat. 
Rolling shutter correction : Centang check box ini jika ingin mengkoreksi skewing (kemiringan) selama gerakan horisontal atau stretching/ compression (peregangan/ kompresi) selama gerakan vertikal yang diakibatkan oleh shutter rolling.

6. Setelah pengaturan dirasa sudah pas, tekan tombol apply dan tunggu hingga proses selesai. Kemudian tutup dialog Media FX.



7. Jalankan video, jika dirasa belum sesuai dengan keinginan buka kembali dialog Media FX dengan klik kanan kemudian pilih Media FX pada video file yang sudah kita beri efek Sony Stabilize. (Seperti langkah nomor 1)
Untuk membatalkan efek ini buka kembali dialog Media FX kemudian klik tombol Remove selected plug-in (berwarna hijau tercoret merah di sudut kanan atas/ di bawah tombol x/ close).

Kekurangan 

Dan daripada matsuting.com dituduh php'in pembaca, mari kita bahas juga kekurangan dari efek ini :
  • Dengan menerapkan efek Sony Stabilize ketajaman gambar akan berkurang. Prinsip kerja efek ini adalah memotong (crop/ zoom) gambar yang sudah ada untuk menyesuaikan goncangan. Jadi semakin besar nilai pada pengaturan beresiko semakin menurunnya ketajaman gambar. Solusinya tambahkan efek Sony Sharpen untuk mempertajam gambar.
  • Biasanya goncangan yang terlalu brutal (cepat dan rapat) tidak bisa diatasi dengan efek ini. Jika dipaksakan hasilnya akan seperti motion blur yang tidak teratur dan kurang sedap ditonton. Solusinya, syuting ulang atau biarkan video bergoncang apa adanya. Haha!
  • Dari pengalaman kami, efek ini sama sekali tidak dapat menghilangkan getaran (bukan goncangan) yang dihasilkan oleh DSLR handheld dengan lensa 50mm dan tele non-VR (nikon) atau non-IS (canon). Jadi solusinya khusus lensa 50mm keatas tetap gunakan tripod atau slider ketika syuting.

Kesimpulannya

Dengan adanya efek Sony Stabilize ini tidak serta merta dapat menggantikan peran peralatan konvensional semisal stabilizer, glider, tripod, slider, dll dengan sepenuhnya. Karena pada prakteknya penggunaan peralatan konvensional akan menghasilkan gambar yang lebih sempurna ketimbang efek digital.

Jadi gunakan efek Sony Stabilize hanya ketika dalam situasi yang mendesak saja.

Sekian dulu artikel matsuting.com kali ini diketik dengan ala kadarnya sehingga jauh dari kesempurnaan. Kalau ada kesalahan mohon dikoreksi, kalau ada kekurangan mohon ditambahkan, dan kalau ada sumur di ladang mohon jangan mandi sembarangan karena bisa saja di situ sudah dipasang CCTV. Haha!

Terima kasih telah membaca dan semoga bermanfaat.
0 Komentar untuk "Efek Stabilizer di Sony Vegas ! (Untuk Mengatasi Video Goyang / Shake)"

Back To Top