Manfaat Instagram Untuk Bisnis Videografi

Media sosial yang kini marak di masyarakat, terutama instagram, memiliki banyak manfaat bagi masyarakat pada umumnya.
Dalam artikel ini kita fokus membahas manfaat-manfaat bagi bisnis videografi saja. Tidak diragukan lagi kekuatan instagram sudah begitu masiv menyentuh hampir setiap orang. Meskipun beberapa orang masih awam dan meremehkan kekuatan instagram.

Bukannya promosi, artikel ini ditulis semata-mata supaya teman-teman pembaca dapat memetik manfaat dari instagram untuk kepentingan bisnis videografi yang sedang kita jalankan.

Berikut manfaat-manfaatnya :

1. MEDIA PROMOSI

Promosi bisa berbentuk promo atau diskon harga paket. Boleh juga posting tentang kelebihan atau prestasi yang kita miliki. Perjelas gambar dan teks supaya mudah dibaca, karena rata-rata pengguna instagram menggunakan gadget layar kecil.

Promosi bisa juga berbentuk foto unboxing kamera baru, slider baru, teknik baru, behind the scene atau apa saja yang memberitahukan follower bahwa studio kita keren dan dapat dipercaya calon konsumen.

Bila perlu luangkan sedikit biaya untuk iklan supaya lebih banyak orang yang dapat dijangkau.

2. PORTOFOLIO

Portofolio adalah kumpulan karya-karya yang dipamerkan supaya orang tahu kualitas pekekerjaan kita. Sama seperti poin nomor 1, fungsinya untuk membangun kepercayaan calon konsumen terhadap studio kita.

Instagram sangat cocok digunakan sebagai portofolio, karena posting-postingnya berbentuk foto dan video. Terlebih untuk segmen wedding, karena sebagian besar pengguna instagram adalah dari kalangan muda yang rata-rata belum menikah.

Postinglah hanya konten-konten yang bagus untuk menarik banyak follower, semakin banyak follower semakin banyak orang yang dijangkau.

Bila dirasa ada posting yang kurang baik atau dianggap jelek, hapus saja karena akan mengurangi kepercayaan konsumen pada studio kita. Mintalah pendapat beberapa teman untuk hal ini.

3. REFERENSI vs INSPIRASI

Di instagram kita juga bisa mencari referensi dengan menonton karya-karya para profesional. Bagi pemula hal ini akan sangat membantu.

Mengutip kalimat Mario Teguh, "Jadilah peniru yang baik, lama kelamaan kita akan hebat dengan karya kita sendiri". Kalo tidak salah begitu isinya.

Sebagai pemula yang mungkin kurang ide, kita bisa meniru konsep dari beberapa video profesional dan kemudian memadukannya dalam sebuah video, (supaya tidak terlihat copy paste). Nantinya semakin banyak jam terbang, kita akan memiliki style sendiri, lebih mandiri dalam hal konsep dan kreatifitas.

Followlah beberapa studio besar yang memiliki banyak portofolio seperti @balimetro, @axioo, @riomotret, dan masih banyak lainnya. Pelajari bagaimana mereka mengolah gambar, mulai dari konsep hinggal tone warna.

4. JASA PEMBUATAN VIDEO INSTAGRAM

Sebagai pembuat video, kita bisa menambahkan "JASA PEMBUATAN VIDEO INSTAGRAM" dalam daftar layanan studio kita.

Sesuai dengan durasinya yang hanya semenit, video instagram sangat cocok di dunia periklanan. Yang mana hampir semua industri di dunia memiliki akun instagram sebagai salah satu media pemasaran.

Bagi pemula, mulailah dengan perusahaan lokal, tentunya dengan nilai project yang juga bertaraf lokal. Setelah memiliki jam terbang tinggi cobalah beranjak ke level nasional hingga internasional.

Di segmen lain, jasa pembuatan video instagram untuk profil pribadi juga mulai marak. Isinya bisa berupa dokumenter kisah hidup klien, atau hanya sekedar video clip sederhana saja. Tentunya konsep sesuai permintaan klien.

Laporan dari seorang video maker di Pontianak, Kalbar, harga pembuatan video instagram berkisar antara 500 rb - 1 juta. Mungkin pembaca bisa menyesuaikan harga dengan kondisi perekonomian di sekitar.

Video instagram juga bisa kita sertakan sebagai bonus dari paket video wedding, ulang tahun atau video dokumentasi even lain. Sekaligus kita upload ke akun studio sebagai portofolio, tentunya setelah mendapat ijin dari klien.

Dan tentunya masih banyak lagi peluang yang bisa kita dapatkan dari instagram dan media sosial lainnya. Sebagai video maker (yang berkutat dengan dunia seni) kita harus kreatif membaca dan menciptakan peluang.

Berusahalah untuk mengasah kemampuan dan kreatifitas untuk kemajuan studio yang kita kelola. Karena perkembangan dunia video sangatlah cepat dan pesat.

Manfaat-manfaat di atas juga bisa kita gunakan untuk layanan jasa fotografi, tinggal disesuaikan saja bentuk dan formatnya.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kita ambil dari media sosial khususnya instgram. Bila ada koreksi dan saran silahkan tinggalkan di kolom komentar. Terima kasih dan semoga bermanfaat.
0 Komentar untuk "Manfaat Instagram Untuk Bisnis Videografi"

Back To Top