Kekurangan Dan Kelebihan Video Editing Menggunakan PC Atau Laptop

Sering timbul pertanyaan di kalangan pemula atau teman-teman yang baru akan membuka usaha jasa videografi, "Bagus mana ngedit pake laptop atau PC?". Sementara dana yang tersedia terbatas hanya untuk membeli salah satu di antara keduanya.

Sebenarnya secara kualitas video yang dihasilkan menggunakan laptop atau PC secara teori sama saja. Dalam artikel ini akan kita bahas kelebihan dan kekurangan dari kedua perangkat ini.

MOBILITAS
Laptop memiliki mobilitas yang tinggi, karena ukurannya yang kecil dan ringan menjadikannya lebih mudah dibawa kemana-mana. Sedangkan PC lebih berat dan ribet untuk dibawa travelling.

KEBUTUHAN LISTRIK
Laptop memerlukan pasokan listrik yang lebih sedikit dibanding PC. Karena pada dasarnya laptop menggunakan batrai (arus DC), listrik hanya diperlukan saat pengisian daya/ charging.

Sedangkan PC memerlukan listrik langsung (arus AC) untuk memasok daya ke power suply. Jadi ketika listrik padam PC akan mati seketika, kecuali kita pasang UPS. Sedangkan laptop akan tetap bertahan sampai batrai habis.

Saran bagi teman-teman yang bermukim di daerah (terpencil) yang memiliki jaringan listrik tidak stabil terlebih sering mati lampu, kami sarankan menggunakan laptop. Karena dalam kondisi listrik tidak stabil umur komponen PC akan semakin pendek, yang paling rawan adalah harddisk.

Untuk teman-teman di daerah listrik tidak stabil dan terlanjur menggunakan PC, belilah stabilizer listrik dan UPS, kemudian pasang ground. Bila perlu konsultasilah dengan pakar kelistrikan.

PERFORMA
Untuk performa secara teori sama saja dan tergantung spesifikasi perangkat. Namun untuk ketahanan PC relatif lebih tahan dipaksa bekerja dalam waktu yang sangat lama, sedangkan laptop cenderung lebih cepat panas, namun juga tergantung pada sistem pendingin dan temperatur di lingkungan sekitar.

KESAN
Menggunakan PC lebih terkesan profesional. Meskipun sekarang sudah banyak kalangan profesional yang bekerja menggunakan laptop.

SARAN
Untuk yang berencana membeli laptop disarankan untuk memprioritaskan pilihan VGA dan Processor yang tinggi. Karena dua komponen tersebut sangat mempengaruhi kinerja dan kecepatan saat preview dan render.

Hal ini sangat ditekankan karena kedua komponen vital di atas biasanya tidak bisa diupgrade. Sedangkan RAM dan Harddisk bisa diupgrade kemudian hari.

Untuk yang sreg sama PC perhatikan dengan seksama masalah kelistrikan, konsultasikan masalah ini dengan ahli listrik.

KESIMPULAN
Kedua pilihan di atas kembali lagi pada kebutuhan dan selera masing-masing individu.

Pilihlah laptop jika teman-teman cenderung lebih sering mobile, seperti ketika mengerjakan editing di lokasi syuting (SDE/ Morning Express Wedding). Atau teman-teman mudah bosan dan ingin bekerja di suasana yang selalu baru.

Pilihlah PC jika teman-teman lebih memprioritaskan kesan profesional dan ketahanan, karena PC lebih tahan ketika dipacu bekerja dengan waktu yang sangat lama.

Sekian dulu artikel ini semoga bermanfaat dan terima kasih telah membaca.

2 Komentar untuk "Kekurangan Dan Kelebihan Video Editing Menggunakan PC Atau Laptop"

Back To Top