Tindakan Darurat !!! Melacak Drone Jatuh dan Hilang (Update!)

Ketika drone jatuh dan hilang, sebagai pilot kita harus sigap dalam menanganinya sebelum drone benar-benar hilang dicuri orang atau tenggelam, jika jatuh di perairan.

pexel.com
Langsung saja ! 

Manfaatkan rekaman foto atau video yang tersimpan di Remote Control/ Smartphone.

Segera buka galeri dan lihat foto atau rekaman video terakhir dimana posisi terakhir drone mengambil gambar, hal ini untuk mempersempit area pencarian.


Gunakan Flight Record 

Segera buka Flight Record di aplikasi kontrol yang digunakan kemudian cari koordinat terakhirnya.

Untuk beberapa drone keluaran lama, biasanya map yang tersedia masih menggunakan peta buta, kita bisa menyalin koordinat kemudian membukanya di aplikasi Google Maps untuk segera melakukan pencarian.

Selain google map kita juga bisa memanfaatkan bantuan dari airdata.com atau phantomhelp.com (khusus untuk tipe Phantom), dan masih ada beberapa situs lain.

Map yang disediakan oleh airdata.com maupun phantomhelp.com akan lebih akurat sesuai dengan keadaan geografis yang sebenarnya, seperti rumah, pohon, sungai dan lain sebagainya.


Berikut langkah-langkahnya :

  • Siapkan Laptop atau PC (Karena saat artikel ini ditulis, airdata.com masih belum kompatibel dengan beberapa sistem operasi android).
  • Cari file Flight Record yang terdapat di smartphone.
  • Untuk DJI Phantom file tersebut berada di direktori "DJI>DJI Pilot>flight record ".
  • Contoh nama file : "DJIFlightRecord_2017-11-14_[29-32-16].txt".
  • Untuk merk lain silahkan lihat buku panduan atau buka situs resminya.
  • Pilih FlightRecord terakhir (lihat tanggal dan jam).
  • Kemudian pindahkan ke laptop. 

phantomhelp.com




Untuk DJI Phantom disarankan menggunakan bantuan phantomhelp.com saja karena lebih ringkas dan cepat. 
  • Silahkan buka link berikut www.phantomhelp.com/LogViewer/Upload/
  • Klik tombol Browse File, pilih file FlightRecord yang sudah kita pindah dari smartphone
  • Kemudian klik Upload File dan tunggu hingga proses selesai.
  • Semua data terkain akan tampil termasuk posisi terakhir drone saat hilang kontak.
  • Segera cari di sekitar posisi yang ditunjukkan peta.

airdata.com




Untuk menggunakan fitur airdata.com kita harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Keanggotaan bersifat gratis dengan batas waktu (kalau belum berubah) 2 minggu saja.

Isikan data yang sebenarnya terutama email, karena registrasi memerlukan verifikasi email.

Selanjutnya kita bisa melakukan upload file seperti pada phantomhelp.com.

Berikut linknya airdata.com

Alhamdulillah ketemu, Bos...! (Je Jawara)

Pengetahuan Wajib Seorang Pilot Drone

Tindakan darurat ketika drone jatuh dan hilang seperti ini adalah hal yang sangat wajib dikuasai oleh seorang pilot sebelum menerbangkan drone. Karena di saat terbang segala kemungkinan bisa saja terjadi.

Apabila kita tidak segera mendapatkan posisi drone yang jatuh, dikhawatirkan drone kita hilang selamanya dicuri orang atau tenggelam dan hanyut bila jatuh di perairan.

Perlu diingat bahwa setiap resiko yang terjadi selama penerbangan adalah tanggung jawab seorang pilot.

MatSuting rekomendasikan untuk teman-teman yang ingin menjadi pilot drone baik komersial maupun hanya sekedar hobi untuk mengambil sertifikasi resmi dari APDI, detailnya silahkan lihat di Panduan-sertifikasi-pilot-drone-apdi-indonesia

Pengalaman Pribadi Matsuting


Eh, bukan MatSuting tapi Mas Je Jawara (Kalbar) yang juga seorang penulis di matsuting.com. Mas Je memiliki pengalaman drone miliknya jatuh di tepi sungai (foto ada di atas).

Singkat cerita, ketika terbang drone Phantom 3 Advance yang terbang normal tiba-tiba hilang keseimbangan di udara dan crash. DJI Go pada waktu itu melaporkan terjadi masalah pada motor (motor obstructed).

Phantom 3 miliknya langsung mati total sebelum jatuh, mungkin karena motor terbakar dan terjadi arus pendek yang kemudian menjalar pada mainboard.

Setelah mengalami autopsi ternyata motor yang terbakar memang terhambat putarannya karena sedikit menyentuh bodi/ cover. Dan menurut sejarahnya drone tersebut sebelumnya juga pernah jatuh.

Jadi kesimpulannya berhati-hatilah dan periksa kesiapan drone sebelum terbang. Mulai dari motor, propler, baterai, camera, remote, sinyal dan lain sebagainya, pastikan semua berjalan normal.

Sekian dulu artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah membaca.
Tindakan Darurat !!! Melacak Drone Jatuh dan Hilang (Update!) Tindakan Darurat !!! Melacak Drone Jatuh dan Hilang (Update!) Reviewed by matsuting on 14.08.00 Rating: 5

1 komentar:

Postingan Populer

Diberdayakan oleh Blogger.