Memori Ponsel Cepat Habis Karena Foto dan Video, Manfaatkan Fasilitas Gratisan dari Google

Ilustrasi ponsel (piqsels.com)

Kesel ruang di ponselmu habis karena hobi jepret-jepret foto atau merekam video? Jangan bingung, kamu bisa manfaatkan fasilitas yang disediakan google untuk menyelesaikan permasalahan ini.

Kamu bisa saja beli penyimpanan cadangan berupa SD Card atau memori tambahan untuk menyimpan file kesayangan, namun karena fasilitas ini gratis dan aman maka wajib kamu coba.

Selain Google, sebenarnya banyak fasilitas serupa seperti Apple, namun untuk sementara ini hanya tersedia pada perangkat keluaran Apple. Tapi Google Foto bisa digunakan untuk sistem IOS, Android, dan Web.

Aplikasi Google Foto ini biasanya sudah terpasang pada sistem operasi bawaan Android, dan saat ini menjadi salah satu aplikasi harian yang paling sering digunakan.

Dan apabila aplikasi ini belum ada di ponselmu, silahkan download di play store atau web milik google.

Prinsip Kerja

Google Foto akan membackup foto dan video yang ada pada ponselmu secara otomatis, kemudian menyimpannya ke "cloud" milik google yang merupakan bagian dari Google Drive.

Jadi ketika penyimpanan di ponselmu sudah penuh, foto dan video yang sudah dibackup bisa kamu bersihkan/ kosongkan melalui aplikasi Google Foto. Tentunya file tersebut sewaktu-waktu dapat kamu akses dan download di manapun kamu berada.

Kosongkan simpanan ponsel. (matsuting.com)

Awalnya Google Foto menyediakan ruang penyimpanan yang tidak terbatas, namun beberapa waktu sebelum artikel ini ditulis Google Foto membatasi ruang simpanan sesuai kapasitas Google Drive yakni 15 GB per akun Google.

Untuk mengelola ruang penyimpanan kamu diberikan 2 pilihan yakni Original Quality (Ukuran Asli) dan untuk menghemat ruang pilihlah opsi High Quality, dimana Google akan mengkompres file milikmu agar lebih kecil ukurannya namun tetap dapat digunakan untuk kebutuhan dengan ukuran relatif besar.

Pilihan kualitas file disimpan. (matsuting.com)

Kalau kamu seorang profesional yang banyak beraktifitas dengan file foto dan video seperti fotografer, jurnalis dan lainnya disarankan menambah ruang penyimpanan di Google Drive berbayar. Investasi yang menurut matsuting lebih hemat dan aman dibanding harus membeli harrdisk external.

Selain sebagai media penyimpanan, Google Foto juga menyediakan fitur-fitur menarik seperti edit foto, edit video, stop motion, dan masih banyak lagi.

Manajemen File Canggih

Yang paling matsuting.com sukai adalah fitur pengelolaan file yang baik. Semua file foto dan video akan dikelompokkan berdasar kategori khusus, seperti orang, tempat, dan dokumen.

Untuk atribut tempat Google Foto akan mensinkronkan lokasi dengan Google Map, jadi kamu bisa memantau kemana saja kamu selama ini.

Foto dan Video milikmu berdasar lokasi di Google Map. (matsuting.com)

Kamu juga bisa merapikan file-file yang tidak sesuai, Google Foto akan menyarankan beberapa file yang mungkin bisa dirotasi maupun file yang mungkin tidak digunakan lagi untuk dihapus atau diarsipkan.

Rapikan arsipmu di Google Foto. (matsuting.com)

Fitur Pencarian Cepat

Apabila kamu ingin mencari sebuah foto, kamu bisa mencarinya berdasarkan pengelompokan tersebut ataupun dengan kata kunci spesifik, misal pantai, selfie, travel, tokoh, dan lainnya.

Untuk ini Google telah menyematkan algoritma pengenalan gambar yang brilian, yang paling sering matsuting manfaatkan yakni pencarian berdasarkan wajah orang.

Album Sharing

Fitur yang tak kalah menarik yaitu Album Sharing. Kamu bisa berbagi sebuah album dengan beberapa orang teman dengan pengaturan yang bisa disesuaikan, misalnya siapa saja yang diizinkan menambahkan foto-foto pada album tersebut. Menarik, kan?

Cara Penggunaan

Secara umum pengoperasian Google Foto sama dengan aplikasi galeri di ponsel, bedanya Google Foto lebih canggih dan sinkron dengan Google Drive.

Pertama, pastikan Google Foto ada di perangkatmu, download kalau belum ada.

Kedua, masuklah (login) mengunakan akun google.

Ketiga, Pilih folder mana saja yang ingin kamu sinkron-kan dengan Google Foto. Dan kamu bebas jepret foto dan rekam video sepuasmu.

Pilih folder yang ingin kamu sinkron-kan. (matsuting.com)

Untuk menghemat penggunaan data, aktifkan cadangkan hanya melalui WiFi saja.

Catatan : Istilah atau nama fitur yang digunakan di artikel ini untuk Google Foto versi Bahasa Indonesia, jadi sesuaikan saja jika kamu menggunakan yang versi Ingrris atau lainnya.

Sekian dulu artikel matsuting.com kali ini, semoga bermanfaat dan terima kasih telah membaca.

Memori Ponsel Cepat Habis Karena Foto dan Video, Manfaatkan Fasilitas Gratisan dari Google Memori Ponsel Cepat Habis Karena Foto dan Video, Manfaatkan Fasilitas Gratisan dari Google Reviewed by Masje on 09.54.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Postingan Populer

Diberdayakan oleh Blogger.